Student Company

sumber: http://jakartainsight.com

JAKARTAINSIGHT.com | Perusahaan siswa Taruna Bumi Student Company yang terdiri dari 34 orang pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 63, Jagakarsa, Jakarta Selatan, memperkenalkan produk Biopot dalam acara Student Company Launching di Aula SMKN 63 Jakarta pada Rabu (7/2/2018).

Program Student Company ini didukung oleh Citi Indonesia bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia yang bertujuan untuk mendukung dan mendorong anak muda untuk mewujudkan potensi bisnis mereka dan tumbuh menjadi wirausaha yang sukses dan siap mengahadapi persaingan serta berguna bagi masyarakat.

“Biopot adalah ide siswa/i yang berawal dari banyak berserakan pelepah pisang di area sekolah kami. Kemudian kami berinovasi untuk membuat pot alami yang kami sebut Biopot. pelepah pisang dipilih yang masih bagus lalu dipotong, kemudian dihaluskan untuk disaring dan diambil seratnya,” ujar Widya Permata Sari, Public Relations Manager Taruna Bumi Student Company.

Pelepah pisang, lanjutnya, kami pilih karena memiliki serat yang cukup kuat untuk menahan beban tanah pembibitan. Selain itu juga Bibit tanaman dalam Biopot dapat langsung ditanam ke tanah bersama wadahnya dan tidak menyisakan limbah.

“Untuk biopot ini kami jual dengan harga Rp 10.000/paket, dimana satu paket berisikan enam buah biopot. Target kami di awal bulan itu bisa menjual 25 paket dan bulan berikutnya ditambah 10 hingga seterusnya mencapai 250 paket terjual,” tambah Widya.

Ananta Wisesa, Head of External Communication Citi Indonesia, mengatakan bahwa program ini masuk tahun ke-4 yang diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Medan dan Semarang.

“Dalam program ini, kami memberikan bimbingan dan pengarahan untuk membentuk sebuah perusahaan di lingkungan sekolahnya. Jadi dalam program ini benar-benar ada president directornya, wakilnya ada marketingnya, serta struktur organisasi yang lengkap,” jelas Ananta.

Sementara, Robert Gardiner, Management Advisor Prestasi Junior Indonesia, menyatakan, para pengusaha muda dari SMKN 63 ini telah menunjukkan dedikasi dan antusiasme yang luar biasa dalam pengembangan dan implementasi usaha kecil mereka.

“Kami berkolaborasi dengan beberapa perusahan besar seperti Citi Group untuk merekomendasi program seperti ini. Program Student Company kita setup perusahan dalam sekolah untuk mengopreasikannya dari mulai membuat hingga menjual produk ke konsumen,” papar Robert.

Selama 6 bulan, siswa menjadi wirausaha riil dengan menjalankan usaha bersama, mulai dari perencanaan, peluncuran usaha, operasional dan pengelolaan usaha, hingga likuidasi perusahaan.

Program pembinaan kewirausahaan berkelanjutan ini adalah berkat dukungan dari Citi lndonesia melalui payung untuk seluruh kegiatan sosial kemasyarakatannya. yaitu Citi Peka (Peduli dan BerKarya). yang didanal oleh Citi Foundation.(gaf)